Praktikum adalah subsistem dari perkuliahan yang merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teori atau agar mahasiswa menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah. Praktikum di Laboratorium Sistem Kontrol meliputi:

1. Praktikum Dasar, praktikum yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa, dimana tujuan, materi, dan metode diberikan di buku petunjuk praktikum, sedangkan penyelesaian dibuat oleh praktikan.

-        Praktikum Sistem Kontrol

2. Praktikum Konsentrasi, praktikum yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa pada konsentrasi yang bersangkutan, dimana tujuan diberikan, materi dan metode diberikan atau tidak diberikan sama sekali di buku petunjuk praktikum, sedangkan penyelesaian dibuat oleh praktikan.

-        Praktikum Teknik Otomasi

-        Praktikum Sistem Kontrol Modern

3. Praktikum Khusus, kegiatan praktikum yang dilaksanakan atas dasar kebijakan dan rekomendasi dari Ketua Jurusan.

Tujuan

Tujuan dari praktikum adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teori atau agar mahasiswa menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah.